Tanjuang Anau Ompang tanah Sirah Wakil Sumbar ke tingkat Nasional


11295638_10204382734632082_2385895803745473236_n

PAYAKUMBUH

Kota Payakumbuh kembali menorehkan prestasi dibidang Keluarga Berencana di tingkat Nasional, sebagai satu-satunya wakil Prov. Sumatera Barat dalam lomba KB & Kesehatan. Lewat kelompok PKK Tanjung Anau Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Payakumbuh Utara. Tim Penilai tingkat Nasional,  Selasa (19/5), melakukan verifikasi ke lapangan untuk melihat laporan-laporan yang telah di kumpulkan TP-PKK Tanjung Anau sebelumnya.

Dalam lomba bidang KB & Kesehatan tingkat Nasional ini, Kota Payakumbuh sebagai wakil Sumatera Barat akan bersaing dengan 5 Kota lainnya di Indonesia. Mereka yaitu Kota Tebing Tinggi di Prov. Sumatera Utara, Kota Batam di Prov. Kepulauan Riau, Kota Metro di Prov. Lampung, Kota Bogor di Prov. Jawa Barat, dan Kota Palu di Provinsi  Sulawesi Tengah.

Penilaian KB Kes tingkat Nasional ini dihadiri oleh Wakil Walikota Payakumbuh Suwandel Mukhtar, Ketua TP PKK Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi, Ketua GOW Payakumbuh Ny. Rasyidah Suwandel, Kepala BPMP KB Harmayunis, Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi, serta Kepala SKPD lainnya.

Wakil Walikota Payakumbuh, Suwandel Mukhtar, merasa sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh Kota Payakumbuh ini. “Kita merasa bangga dengan prestasi ini, artinya kita dapat bersaing dengan kota-kota lain di tingkat Nasional untuk bidang Keluarga Berencana.

Program KB bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program perencanaan keluarga. Untuk itu, prestasi ini kita jadikan sebagai pemicu untuk berusaha lebih baik lagi dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga Payakumbuh” kata Wawako.

Kegiatan Lomba ini merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Keluarga Nasional yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2015 mendatang. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Kementerian Kesehatan melakukan penilaian bagi kota-kota yang berperan aktif dalam menjalankan program-program Pemerintah terutama di bidang KB, Kesehatan, dan PKK.

Selain lomba KB & Kesehatan ini, Pemerintah Pusat juga menggelar Lomba Prilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih & Sehat (LBS), dan Posyandu tingkat Nasional. Setiap Nominator yang terpilih akan diundang dalam acara puncak yang nantinya akan di pusatkan di Tanggerang Selatan tanggal 1 Agustus 2015 mendatang.

Anggota Tim penilai lomba ini terdiri dari Ratna Farida sebagai Ketua Tim dari TP PKK Pusat, Widiawati, Asih Hariyana, Bambang Hermanto dan Yudi Mulyadi (Kemenkes), Basaria, Susi Susilawati, dan Nurhayah (BKKBN Pusat). Poin yang akan dinilai dalam lomba ini terdiri dari tiga aspek yaitu kegiatan PKK, Kegiatan KB, serta Kesehatan.

“Kami hanya melakukan verifikasi langsung ke lapangan. Sebelumnya kami juga telah membaca laporan yang telah masuk ke meja kami. Apakah sesuai antara kenyataan dilapangan dengan laporan tersebut” kata ketua Tim, Ratna Farida.

Ketua TP PKK Henny Riza Falepi, ikut merasa bangga dengan keberhasilan PKK Tanjung Anau dalam meraih prestasi ini. “PKK bukan sebagai tempat kumpul ibu-ibu yang tidak mempunyai kegiatan. Namun PKK juga mempunyai andil besar dalam membangun keluarga yang lebih sejahtera. Hal ini terlihat dari Dasawisma PKK yang bertujuan meningkatkan kualitas keluarga lewat Keluarga Berencana dan menjaga kesehatan. Terlebih lagi lewat prestasi ini, membuktikan PKK Kota Payakumbuh mempunyai peranan yang baik didalam keluarga” ujar Henny.(zalambo)

Tinggalkan komentar

Filed under daerah

Tinggalkan komentar